Gombloh Sang Penyanyi Legendaris Asal Jawa Timur



 Anda tentu masih ingat seorang penyanyi yang selalu berpenampilan nyentrik, dengan sebuah kaca mata hitamnya. Gombloh, Demikianlah Nama tenarnya. Gombloh banyak menciptakan lagu dan lagu tersebut ternyata banyak digemari masyarakat. Salah satunya Lagu GEBYAR-GEBYAR sampai saat ini masih digemari, dan masih banyak lagu-lagu lainnya.
 Gombloh dilahirkan di JOMBANG , JAWA TIMUR, 14 Juli 1948, terlahir dengan nama Soedjarwoto Soemarsono. Gombloh merupakan anak ke 4 dari pasangan Slamet dan Tatoekah, seorang penjual kecil.
Gombloh adalah pencipta lagu ballada sejati, bersama LEO KRISTY dan FRANKY SAHILATUA, yang tergabung dalam " LEMON TREES"
 Gombloh menyelesaikan pendidikan di  SMA Negeri 5 Surabaya, dan sempat kuliah di Jurusan Arsitektur, Insitut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, tapi tidak sampai selesai Gombloh akhirnya menghilang ke BALI dan berpetualang sebagai seniman.
 Gombloh mempunyai ciri khas dalam karya-karyanya, yaitu NASIONALISME. Seperti dalam karya lagunya, Gugur bunga, Dewa Rusi, Gaung Mojokerto Dll.
 
 Tapi semenjak GOMBLOH merilis album GILA, dinilai Gombloh sudah mulai mengendurkan idealismenya, lebih mengedepankan Album bergaya pop ringan, dengan lirik sederhana dan jenaka.
 Akhirnya pada tanggal 9 Januari 1988, Gombloh meninggal dunia, akibat penyakit paru-parunya. Pada tahun 1996, Solidaritas Seniman Surabaya, Memberikan penghargaan kepada Gombloh, Gombloh yang dianggap sebagai Pahlawan Seniman Surabaya, dibuatlah patung GOMBLOH dari perunggu seberat  200kg. Patung ini akhirnya ditempatkan di Taman Hiburan Rakyat Surabaya.
 Pada tahun 2005 GOmbloh juga mendapatakn pengharaggaan dari PAPPRI , Nugraha Bhakti Musik Indonesia secara anumerta.
 GOMBLOH, Kami masih mengenangmu, lewt karya-karya besarmu. (dari berbagai sumber-Pakde Gaul)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 NAMARA is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...