Manfaat Secangkir Teh Untuk Kesehatan

Teh yang selama ini dikenal masyarakat sebagai minuman ringan,ternyata dapat juga digunakan sebagai terapi kesehatan. Anda mungkin meminum teh setiap hari,tapi tahukah anda zat-zat apa yang terkandung dalam secangkir teh yang anda minum? Sehingga teh di kenal sebagai minuman kaya manfaat.
Berikut ini beberapa zat utama yang terkandung dalam secangkir teh :

Polifenol
Polifenol pada teh katekin dan flavanol. Senyawa ini sebagai anti Oksidan untuk menangkap radikal dalam tubuhjuga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas ada dalam tubuh kita karena lingkungan udara yang tercemar dan dari makanan yang kita makan.

Vitamin E
Dalam secangkir teh mengandung vitamin E sebanyak kira-kira 100-200IU yang merupakan kebutuhan tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

Vitamin C
Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Vitamin A
Vitaminb A yang ada pada teh berbentuk betakaroten.

Zat kurang baik yang terkandung dalam secangkir teh.
Selain kaya manfaat, ada juga zat yang terkandung dalam the yang berakibat kurang baik untuk tubuh kita. Zat itu adalah Kafein. Kafein dalm teh (tehine) dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan makanan. Batas aman untuk mengkonsumsi kafein sehari adalah 750mg/hari atau setara dengan 5 cangkir teh berukuran 200ml.

Yang patut dihindari saat minum teh :
*Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulant teh.
*Jangan minum teh saat perut kosong dapat menimbulkan produksi asam lambung.
*Hindari minum teh dicampur dengan gula, karena menyebabkan zat zat yang terkandung dalamnya menjadi berkurang.
*Hindari minum teh saat hamil dan dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulant pada teh bias merangsang kontraksi rahim. Untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi ASI.

Selain itu perhatikan dalam menyeduh teh , gunakan air mendidih bersuhu 80derajat celcius, jangan gunakan air yang suhunya lebih dari 80 derajat celcius karena dapat menghilangkan manfaat dari teh itu sendiri.

Ditulis dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 NAMARA is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...