Selamat Jalan,Oma Ida

Jakarta - Publik dikejutkan dengan kepergian bintang film dan pesinetron senior tanah air, Ida Kusuma yang meninggal dunia tadi malam (25/11), di lokasi syuting sinetron kejar tayang Cinta Fitri.Ida dikabarkan meninggal dunia saat syuting sinetron favorit yang tayang di SCTV. Aktris tiga zaman yang eksis di dunia akting sejak 1950-an ini, terus menekuni karirnya hingga di usianya yang telah lanjut.

Sebelum Ida Kusumah meninggal dunia, Verlita Evelyn yang juga salah satu pemeran dalam sinetron Cinta Fitri, sempat syuting satu adegan dengan almarhumah. Bahkan Verlita sempat tiduran bareng saat jeda syuting.

"Oma nggak ada capek-capeknya. Dan Oma nunggu baju bukan nunggu syuting. Sebenernya saat baju itu datang, masih segar sempat becanda. Aku sampai tidur-tiduran bareng," kenang Verlita, saat ditemui di RS Puri Cinere, Jakarta Selatan, Kamis (25/11) malam.

Verlita menangis saat mengetahui Ida meninggal dunia. Verlita bahkan melihat betul saat-saat almarhumah direnggang nyawa. "Oma lagi nunggu karena tidak ada adegan. Sampai akhirnya beliau kejang-kejang. Saya panik, saya ajak rebahan. Akhirnya pingsan dan dibawa ke rumah sakit," sambung istri Ivan Saba ini.

Menurut Verlita, Ida meninggal dunia saat tengah dibawa ke Rumah Sakit Puri Cinere sekitar pukul 20.30 WIB. Selama ini Verlita tidak melihat kalau almarhum memiliki indikasi penyakit jantung. Ia melihat sosok Ida sebagai nenek yang kuat dan penuh semangat.

"Malah saat kumpul, kami salutnya sama Oma. Kami saja yang muda masih mengeluh. Cuma, Oma itu sering minta pijit. Ya begitu-begitu saja," tutur Verlita.

Begitu juga dengan Shireen Sungkar yang sangat dekat dengan Ida Kusumah, karena sama-sama membintangi sinetron Cinta Fitri. Shireen mengaku kehilangan sosok Oma yang sangat berdedikasi.

“Semuanya kami kangeni, dia baik banget, dan dia tidak pernah mengeluh. Walau agak susah menghafal, dia selalu mengajarkan kami dan berbagi pengalaman ke kami. Kayak masalah hubungan juga (pacaran) jangan berantem terus,” kenang Shireen saat dihubungi via ponsel, Jumat (26/11).

Shireen mengenal Ida Kusumah dari sosok ibu dan ayahnya, Fenny Bauty dan Mark Sungkar, yang juga artis senior. "Kami sudah kenal lama, seperti Oma kami sendiri. Terakhir syuting sama Oma itu kemarin. Oma bilang ‘dulu sama papahnya sekarang sama anaknya.’ Tapi memang tidak menyangka," sambung Shireen.

Di luar syuting, Shireen sering jalan bareng dengan almarhumah. "Ke mana saja kami selalu bareng karena selalu tandem sama Oma. Dedikasinya luar biasa, dan dia menghabiskan akhir hidupnya di dunia syuting," tutur Shireen.

Sosok Ida Kusumah adalah teladan bagi seluruh aktor dan kru sinetron Cinta Fitri. Dedikasi dan loyalitasnya bagi dunia akting ditiru oleh seluruh artis muda dalam sinetron kejar tayang itu.

Dalam akting, Ida sering memperoleh peran antagonis sebagai ibu atau mertua yang galak. Ida dikenal dekat dengan aktris Nani Wijaya dan Connie Sutedja.

Ida dikenal sebagai 'Oma' dalam sinetron Cinta Fitri memiliki nama lengkap Siti Endeh Ida Hendarsih Atmadi Kusumah. Ida yang dilahirkan di Jakarta, 31 Agustus 1939 itu meninggalkan seorang putra bernama Ellan Satya Tobing.

Sumber : inilah.com

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 NAMARA is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...