KETOPRAK, RIWAYATMU KINI......


PEMENTASAN KETOPRAK
Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa. Dalam sebuah pentasan ketoprak, sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan disajikan.
Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa. Banyak pula diambil cerita dari luar negeri. Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita): Ramayana dan Mahabharata. Sebab nanti pertunjukkan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi pertunjukan wayang orang.

Di banyak wilayah,kesenian ketoprak mulai ditinggalkan oleh penggemarnya. Keadaan ini dikarenakan banyaknya media hiburan yang merambah masyarakat. Ketoprak hanya  dimengerti oleh generasi tua saja sedangkan generasi muda, jangankan memahami ceritanya, untuk ngomong bahasa dalam bahasa Jawa saja mereka sulit. Padahal Ketoprak adalah  salah satu hasil seni tradisional yang didalamnya memiliki nilai nilai tuntunan hidup yang positif bagi masyarakat, terutama di Jawa.
Beberapa tahun terakhir ini, muncul sebuah genre baru; Ketoprak Humor yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI. Dalam pentasan jenis ini, banyak dimasukkan unsur humor.
Bagaimanapun caranya marilah kita jaga seni budaya kita yang ADI LUHUNG ini sebelum Negara Negara lain mengakui lebih banyak lagi seni budaya asli negeri kita tercinta ini………………………….

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 NAMARA is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...